Ummul Quro Pesantren Modern Terbaik Di Kota Bogor

Ummul Quro merupakan salah satu dari sekian banyak pesantren modern terbaik yang bercokol di kota Bogor mengadopsi sistem pelajaran modern ala gontor yang dikombinasikan dengan metode ajaran salafiah berbasis kitab gundul atau lebih dikenal santri dengan istilah kitab kuning.

Lebih tepatnya UQI (singkatan dari ummul quro al islami) beralamat di desa banyusuci leuwimekar leuwiliang Bogor 16640.

Kini Fasilitas serta lahan yang disediakan pesantren lebih lengkap mumpuni sangat menunjang keberhasilan santri putra/putri untuk meraih masa depan gemilang yang islami

Ummul Quro Bogor Prioritaskan Bahasa Inggris

Jangan heran bila anda berkunjung ke kota hujan bogor akan mendapatkan banyak instansi pendidikan islami, khususnya pesantren yang menawarkan berbagai macam metode pendidikan secara bervariasi biasanya label yang diusung adalah salafi, modern ataupun gabungan dari keduanya.
Baca : Profil Pesantren Darullughah Wadda'wah
Dalam hal ini pesantren ummul quro bogor cenderung untuk menggabungkan antara pendidikan salafi (konservatif) dan sistem penagajaran ala gontor ponorogo (modern).

Salah satu ciri khas menonjol yang diunggulkan pesantren modern terbaik bogor ini ialah penekanan bahasa inggris dengan metode seperti berikut :
  1. Pelajaran hadith disampaikan menggunakan bahasa pengantar inggris, buku yang digunakan adalah verses (dikarang oleh asatidz/guru senior)
  2. Mata pelajaran tafsir juga menggunakan metode seperti point nomr 1
  3. Tarikhul Islam atau sejarah islam juga berbahasa inggris
  4. Compose pelajaran mengarang tersedia juga dalam versi english/arabic
  5. Santri diwajibkan berkomunikasi bahasa arab/inggris setiap hari 
Beberapa sistem dan kurikulum tersebut diatas sengaja diciptakan bertujuan untuk mencetak generasi santri yang fasih tidak hanya dalam berbahasa Arab namun juga Inggris.

Alasannya cukup sederhana diharapkan kelak alumni yang telah lulus mampu menyampaikan ajaran Islam secara universal salah satunya tentu dengan menguasai bahasa pergaulan dunia international.

Target pimpinan pesantren bogor sendiri ialah setiap santri mampu menguasai english vocabularies sebanyak 1000 kata per tahunnya sehingga jika dikalkulasikan dengan jangka waktu pendidikan mulai tsanawiyah hingga Aliyah akan mencapai 6000 kosa kata inggris.

Sistem seperti ini tentu sangat menarik bagi anak anak dan remaja sesuai dengan globalisasi dan perkembangan zaman seperti sekarang ini. Karuhun yakin tidak satu orang tuapun yang akan menolaknya

gambar kalender tahunan hijriah ummul quro leuwiliang bogor
kalender tahunan

Pesantren Modern Tanpa Meninggalkan Ajaran Salafi

Ajaran salafi termasuk faham konservatif yang masih banyak dipertahankan oleh sejumlah kalangan alim ulama untuk masa kini hingga masa akhir, diyakini fleksibel dan kondisional terutama bidang ilmu Fiqh.

Pada zaman dulu sebelum terlahirnya pesantren gontor (darussalam) Ponorogo Madiun belum ada satu pesantren pun yang menerapkan metode pendidikan dengan sistem kelas kepada santrinya.

Pesantren kuno dulu sangat dikenal dengan 'santri yang tidak terlepas dari kitab gundul, sarung dan pecinya' kala itu santri hanya menerima pelajaran agama saja dengan kitab kuning sebagai mata pelajaran favorit untuk semua bidang,

itulah mungkin sedikit gambaran tentang pesantren salaf namun setelah lahirnya pesantren gontor belakangan banyak sekali pesantren modern lainnya yang dikembangkan oleh alumni gontor untuk mencerdaskan pelajar muslim/muslimah dengan sistem pednidikan modern.

Berikut adalah beberapa pesantren salaf yang masih menggunakan metode belajar mengajar secara konservatif yang hingga saat ini masih banyak diminati di beberapa daerah

logo pesantren ummul quro modern bogor
gambar logo ummul quro; pena, kabah dan dunia
Sebenarnya hingga saat ini masih banyak pesantren daerah yang masih mengadopsi sistem salaf yang dipimpin oleh kiai sepuh dan alim ulama tapi sayang karena keterbatasan ilmu karuhun tidak bisa menyebutkannya secara lengkap.

Adapun beberapa nama pesantren modern seingat karuhun adalah sebagai berikut

Dalam hal ini Ummul Quro Pesanten yang telah mengantongi sejumlah prestasi atas berbagai perlombaan yang diikuti, mencoba untuk tetap mempertahankan ajaran salafi supaya kelak alumni dan santri akan memiliki bekal dasar pendidikan agama yang kuat dan mengakar sesuai dengan ajaran alim ulama salaf terdahulu karena salaf saja belum cukup maka dipadukanlah dengan sistem modern untuk mengimbangi perkembangan zaman.

Beberapa kitab gundul salafi yang diajarkan di pesantren uqi bogor antara lain
  • Jurumiah-Imrity, kitab nahu (arabic gramatical) atau lebih dikenal santri dengan ilmu alat
  • Sulamut taufiq-kipayatul akhyar, kitab fiqih
  • Tarbiyatul Banin/Banat, kitab etika dalam berperilaku secara islami
  • Tafsir Jalalain, kitab tafsir alquran
  • Riyadus Salihin
Pada hakikatnya pendidikan suatu sekolah ataupun pesantren tentu tidak akan terlepas dari orientasi serta harapan masing masing orang tua, dalam hal ini tentunya setiap orang tua akan memiliki pandangan yang berbeda sesuai dengan selera masing masing, kemana anak asuh mereka akan disekolahkan.

Untuk hal ini tentunya dibutuhkan informasi yang akurat serta informasi yang tepat dari lembaga pendidikan sekolah/pesantren yang akan dipilih. Karuhun hanya ingin menginformasikan satu hal penting yakni ummul quro al islami pesantren modern terbaik di kota bogor.

gambar asrama putra pesantren ummul quro bogor uqi
gedung aula uqi

11 comments:

  1. Ass.wr.wb..tuk ukuran ank usia dr 7thn brp rincian biayanya..trimaksh

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah, putri saya sudah masuk tahun ke-2 di UQI, semoga mendapatkan ilmu yg bermanfaat dunia akherat.

    ReplyDelete
  3. Silakan Buka Website : alamirfoundations.wordpress.com. Kemudian cari judul artikel: Metode baca kitab kuning "Thoriqoh" atau Musyawarah Kitab Kuning Thoriqoh (MKKT). Metode ini juga bisa disebut Metode Manzilah. Bila anda ara guru erlu diklat teknik embelajarannya, silakan hubungi saya di Hp. 081999910077 atau email: muhsinamir14@gmail.com Sebelum Call, harap SMS dulu, sebut nama dan alamatnya. Syukron (Drs. H. Muhammad Muhsin Amir) Pondok Pesantren Annuqayah, Guluk-Guluk Sumenep Madura.

    ReplyDelete
  4. Klo buat smpit..kira2 biaya nya kirasan brp..trus pndaftaran nya mulai pr anggal brp

    ReplyDelete
  5. Minta no yg bisa di hubungi pak bisa mau tanya rincian biayanya

    ReplyDelete
  6. Kalo mau langsung aliyah bisa nggak tanpa mts dulu sudah tu biaya masuk nya berapa ya

    ReplyDelete
  7. kira-kira biaya masuk & bulanannya berapa ya? mohon infonya, syukron

    ReplyDelete
  8. mahal... ini pesantren buat cari duniawi, bukan buat cari akhirat...

    ReplyDelete
  9. artikelnya bagus min jangn lupa kunjungi juga website kami ^^

    ReplyDelete