Biografi Joko Widodo Lengkap

Belum lengkap dan afdhal rasanya sebagai warga negara Indonesia jika belum mengenal sosok biografi sang presiden terpilih Joko Widodo secara gamblang dan lengkap. Ini berlaku umum baik untuk para pendukungnya ataupun bukan harus mengenal betul latar belakang profil tokoh dan keluarganya sehingga sobat tahu betul siapa yang memimpin.

Ir. H. Joko Widodo lahir disebuah kota kecil Surakarta , Jawa tengah pada tanggal 21 Juni 1961 sekarang umurnya sekitar 53 tahun an dan menjabat sebagai orang nomor wahid di tanah air didampingi oleh Jusuf Kalla pada pemilu 2014, Berikut adalah jenjang jabatan yang pernah ia duduki  di pemerintahan hingga menjadi Presiden

foto presiden jokowi ke 7 lagi nyengir
Presiden RI ke 7 Joko Widodo

  • Wali Kota Surakarta, Solo (ke 16) selama 2 tahun dengan periode jabatan 2005-2012 bersama wakilnya Hadi Rudyatmo. Belum sempat menyelesaikan masa jabatan, jokowi langsung hijrah ke Jakarta untuk mengikuti pencalonan Gubernur
  • Gubernur DKI Jakarta yang ke 16 selama 2 tahun pula (15 Oktober 2012-16 Oktober 2014) berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Lagi lagi jokowi lebih terinspirasi oleh partai pengusungnya PDIP (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan) untuk mencalonkan diri sebagai Presiden RI bersama JK.
  • Akhirnya sukses menjadi Presiden RI Ke 7 didampingi oleh Jusuf Kalla sebagai wakil presiden kemungkinan besar Joko tidak akan lagi meninggalkan karirnya ditengah jalan seperti yang sudah sudah, rakyat Indonesia meyakini untuk posisi yang satu ini adalah jabatan tertinggi yang harus diselesaikan hingga masa akhir jabatan.
Selama ini jokowi sukses meniti karir politiknya dibawah bimbingan bu Megawati tokoh wanita yang jadi sesepuh partai berlambang banteng, kini mega boleh merasa puas bisa senyum karena tidak lagi menjadi oposisi pemerintah melainkan kebalikannya.

Masa Pendidikan, Pahit Mengharukan

Setiap orang sukses dimanapun pasti akan menyimpan kisah dan kenangan pahit yang menjadi cikal bakal awal perjuangan begitu juga dengan kisah widodo sempat mengalami masa masa sulit yang harus dihadapi dengan tegar. Untuk menutupi kebutuhan hidupnya jokowi rela menjadi ojek payung, tukang kuli panggul juga berdagang. Semua itu dilakukan untuk kebutuhan biaya sekolah serta jajan sehari hari. Pergi ke sekolah pun tanpa menggunakan sepeda seperti anak sd lainnya. Ketika usianya genap 12 tahun jokowi mulai mewarisi keahlian keluarganya menjadi penggergaji kayu. Setelah lulus SD ia meneruskan pendidikannya ke jenjang sekolah lanjutan pertama tepatnya di SMP Negeri 1 Surakarta lalu melanjutkan ke SMA Negeri 6 Surakarta. Ada fenomena menarik yang dialami presiden ke 7 ini pada masa kecilnya yang akan mempengaruhi pola pikirnya kelak saat jadi pemimpin. Ternyata hidup jadi rakyat jelata cukup perih juga dirasakan joko kecil hingga mengalami penggusuran tempat tinggal (rumah) sebanyak 3 kali, berawal dari sinilah cikal bakal ide pemikiran sang pemimpin bermula. Menginjak masa kuliah jokowi lebih tertarik pada bidang kehutanan yang dia ambil di Universitas Gajah Mada, Meneruskan jejak orang tua, Jokowi gemar mendalami pemanfaatan, budidaya, serta struktur kayu. Pada ahkir pendidikannya di bangku kuliah ia berhasil membuat skripsi berjudul ' Studi tentang Pola Konsumsi Kayu Lapis pada Pemakaian Akhir di Kodya Surakarta' dan lulus pada tahun 1985. Saat itu sang joko muda tidak pernah kepikiran untuk menjadi pejabat melainkan hanya fokus pada bisnis wiraswasta sesuai dengan kapasitas ilmu yang dimiliki setelah sebelumnya sempat bekerja di perusahaan PT. Kertas Kraft Aceh, BUMN yang berlokasi di area hutan pinus Gayo Aceh Tengah. Merasa tidak betah jauh dari Iriana sang istri yang saat itu sedang mengandung Gibran Raka Buming akhirnya jokowi memutuskan untuk berhenti bekerja dan pulang ke kampung halaman untuk mencoba peruntungan membuka usaha mebel kayu. Merintis dari nol ia mengikuti usaha pamannya terlebih dulu baru setelah dirasakan cukup pengalaman berani membuka usaha sendiri dengan mengambil nama anaknya CV Rakabu, Perjalanan hidupnya jatuh bangun dalam mengelola mebel kayu hingga pada tahun 1990 jokowi mulai berjaya dengan modal pinjaman 30.000.000 dari sang bunda tercinta. Berawal dari Micl Romaknan, rekan bisnisnya yang sekaligus mempopulerkan asal muasal nama panggilan JOKOWI kini benar benar sukses bahkan sudah bisa keliling dunia khususnya Eropa, banyak sekali ilmu serta pengalaman yang membuka mata jokowi untuk menginspirasi bagaimana cara penataan tata letak kota yang baik di Eropa  supaya bisa diterapkan di kota Solo.

Foto Joko Widodo Dan Keluarga

Joko Widodo kecil lahir dari keluarga sederhana pasangan Notomiharjo dan Sujiatmi Notomiharjo sebagai satu satunya anak lelaki sulung ia memiliki 3 adik perempuan dengan nama
  • Iit Sriyantini
  • Ida Yati
  • Titik Relawati 
Nama kecil jokowi adalah Mulyono sebelum akhirnya lebih memilih nama joko widodo sebagai identitas lengkapnya. Karang anyar dan desa boyolali merupakan tempat leluhur ayah dan kakek beliau. Jokowi resmi menyunting Iriana pada tanggal 24 Desember 1986 di kota Solo, dari hasil perkawinan bahtera rumah tangganya bersama iriana dikarunia 2 anak putra dan 1 putri dengan nama lengkap dan tanggal lahir sebagai berikut :
  1. Gibran Rakabuming Raka, lahir tahun 1998
  2. Kahiyang Ayu 1991
  3. Kaesang Pangarep 1995
Pemberian nama ketiga putra putri jokowi memang sarat kental dengan bahasa Jawa sebagai bahasa keseharian beliau.
inilah foto jokowi ibunda adiknya keluarga
Foto Jokowi dan keluarga; ibunda sebelah kanan, adik di kiri & belakang

Karir Politik Dimulai Di Kota Surakarta

Nama jokowi yang kini tengah berhasil gemilang menjadi pengusaha mebel kayu, mulai mencuat ke permukaan publik dikenal oleh masyarakat Surakarta. Sepertinya Jokowi itu Hoki pada awal meniti karir politik langsung mendapat lirikan dari sejumlah partai politik seperti PDIP dan PKB untuk dijadikan jagoan dalam pilkada tahun 2005 sebagai calon walikota surakarta, cukup mujur dan beruntung memang sosok yang memiliki perawakan dan muka deso ini mampu menyabet suara pemilihan hingga 36,62% berhasil memenangkan pilkada, akhirnya ia pun menjadi orang nomor wahid di surakarta.

Agama Dan Penghargaan

Karir politik Jokowi yang gemilang jaya dan terkesan melejit terlalu cepat (sedikit instant) tidak membutuhkan jangka waktu yang lama bagi jokowi untuk menjadi pemimpin nomor 1 di Indonesia. Berawal dari menjabat wali kota surakarta, lalu hijrah ke Jakarta menjadi Gubernur DKI hingga menjabat sebagai presiden ke 7 RI memang relatif terlalu singkat sehingga tidak sedikit asumsi publik yang terkesan memandang sebelah mata atas keberhasilan karirnya di dunia politik, apalagi pada saat saat menjelang PILPRES aksi saling bully membully untuk menjatuhkan lawan pesaing capres satu sama lain seperti penghinaan serta pembohongan citra publik pun jadi makanan sehari hari. Salah satu issue pedas yang menerpa jokowi saat itu ialah tudingan publik yang mempertanyakan keislaman Jokowi meskipun sudah jelas tertulis nyata di KTP beragama Islam. Hal lain yang membuktikan Jokowi seorang muslim ia sudah melaksanakan ibadah wajib haji tahun 2003 serta telah melaksanakan beberapa kali ibadah umrah (4 x) namun tetap saja dunia politik itu kotor penuh dengan intrik melihat karirnya yang secepat kilat ingin jadi orang nomor satu di tanah air tak urung keislaman Jokowi masih diperdebatkan seperti halnya yang terjadi pada pengusungnya ibu megawati. Pilpres telah usai pertarungan politik pun sudah reda sebaiknya tidak perlu lagi menghujat suatu hal yang belum bisa dibuktikan dengna pasti karena bisa jadi fitnah. Alangkah baiknya kita menlihat sisi baik dari figur Jokowi seperti beberapa penghargaan yang sempat diraihnya
  • Sempat mendapat gelar '10 toko 2008' yang dirilis oleh majalah Tempo
  • Penghargaan Internasional sebagai pemimpin yang berhasil memberdayakan pedagang kaki lima serta sukses melakukan relokasi kota Solo yang manusiawi, penghargaan ini langsung diberikan oleh DELGOSIA (Kemitraan Pemerintahan Lokal Demokratis Asia Tenggara)
  • Penghargaan Bintang Jasa Utama di tahun 2011 sebagai prestasi kepala daerah dalam pengabdiannya kepada rakyat
  • Wali Kota Terbaik Ke 3 Dunia, Januari 2013
  • Marketer Of The Year 2012 dari Markplus Conference 2013 dengan tema 'Into Innovation And Technology'
See how is beautifull our president! Let's gone be by gone mari kita lupakan segala perdebatan dan polemik yang ada biarlah berlalu, kini negara sudah dipimpin resmi oleh Ir. H. Joko Widodo saatnya melakukan dukungan penuh dengan monitoring, saran dan kritik yang membangun. Demikian informasi Biografi Joko Widodo Lengkap mohon maaf bila ada kekurangan ataupun kesalahan informasi yang karuhun tulis silahkan dikoreksi pada kotak komentar. Salam  Dua Jari !

0 comments

Post a Comment