Skip to main content

Contoh Surat Pengunduran Diri Yang Baik Dan Benar 2015

Mungkin sobat karuhun sedang mencari contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar, tapi sebelumnya harus benar-benar sobat mempertimbangkan terlebih dahulu secara matang mengapa harus resign mengundurkan dari pekerjaan supaya tidak menyesal kelak di kemudian hari.

Tentunya ada beberapa alasan pribadi seperti ketidak cocokan lingkungan pekerjaan ataupun dalam berhubungan sosial dengan rekan kerja, bahkan mungkin karena ada tawaran/peluang dari perusahaan lain yang lebih baik untuk masa depan,  dan lain sebagainya sehingga terpaksa harus mengambil keputusan final yaitu berhenti bekerja.

Contoh surat pengunduran diri dari pekerjaan yang baik dan benar tentu sangat diperlukan untuk melancarkan urusan sobat yang ingin keluar dari perusahaan secara resmi serta mendapatkan surat pengunduran resmi (resign letter) dari tempat kerja,

hal ini sangat penting dan berguna untuk melamar pekerjaan di masa depan sehingga bisa menambah nilai tambah dalam melakukan proses lamaran kerja pada perusahaan sebagai salah satu syarat yang paling banyak diberlakukan, terutama dalam membuat surat lamaran pekerjaan, namun bagi yang berminat berhenti bekerja untuk melakukan usaha sendiri (wiraswasta) tentu tidak memerlukan bukti surat pengunduran diri dari perusahaan karena sama sekali tidak akan berguna.

contoh format penulisan surat yang benar 2017
contoh format penulisan surat yang benar

Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Perusahaan

Tips sebelum membuat surat pengunduran diri dari perusahaan agar sobat menyampaikan dulu secara lisan hal ini dimaksud untuk menjaga kode etik antara karyawan dengan perusahaan tempat sobat bekerja sehingga setelah semuanya dikordinasikan dengan baik barulah sobat membuat surat pengunduran yang baik dan benar ditujukan kepada atasan, bagian personalia atau HRD.
Baca : Sobat Mau Tahu Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Yang Baik Dan Benar? Baca Dulu Surat Lamaran Yang Ini Lengkap Untuk Semua Jenis Pekerjaan Sudah Terbukti Ampuh Langsung Diterima Kerja (Silahkan Share) Semoga Bermanfaat


Contoh Format I

Bandung, 3 Februari  2015
Kepada Yth,
HRD Manager
CV. Moal Boros Pisan
[isi alamat perusahaan]
Bandung
Dengan Hormat,
Bersama ini, saya Blog Karuhun bermaksud untuk mengundurkan diri dari CV. Moal Boros Pisan sebagai IT, terhitung sejak tanggal (sesuaikan dengan tanggal pemberhentiaan).
Saya mengucapkan ribuan terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk berkonstribusi di CV. Moal Boros Pisan. Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen CV. Moal Boros Pisan apabila terdapat kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja.
Harapan saya selalu, CV. Moal Boros Pisan dapat terus berkembang dan maju untuk meraih kesuksesan terbaik.
Hormat Saya,

Blog Karuhun

Contoh Format II

Bandung, 25 Juli 2015

Kepada Yth,
Dir. HRD PT. Alim Tekor
Di Tempat

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                : Aril Gunawan, S.E
Departemen     : Quality Control (QC)
Jabatan            : Pass and Holder
No. Karyawan : 2616000781

Berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) PT. Alim Tekor  tentang kekaryawanan dan Undang–Undang tenaga kerja maka saya dengan berat hati bermaksud untuk mengajukan pengunduran diri.

Niat saya berlandaskan pada pertimbangan akan kesehatan saya, disamping alasan keluarga harus pindah keluar kota disebabkan ada persoalan keluarga yang tidak dapat saya ceritakan dalam surat ini.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sesungguhnya. Atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama ini, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Aril Gunawan, S.E

Contoh Surat Pengunduran Diri Guru


Meskipun termasuk kedalam kategori profesi, tapi tetap saja pada intinya guru juga adalah pekerjaan mengajar yang digaji baik oleh pemerintah maupun swasta, tidak menutup kemungkinan pengunduran diri dari profesi sebagai pengajar

bisa saja terjadi demi meningkatkan penghasilan ataupun alasan lainnya. Berikut adalah contoh surat pengunduran diri guru sekolah sesuai dengan ejaan bahasan Indonesia yang baik dan benar.

Untuk pengunduran diri seorang guru maka harus menempuh prosedural yaitu dengan meminta izin kepada pihak sekolah baik secara lisan dan tulisan (surat).
Baca : Contoh Surat Lamaran Kerja Di Bank Terbaru Sebagai Teller
Kepada Yth:
Bapak Kepala Sekolah
Cq. Wakasek Kurikulum /Pengurus Ummul Quro Al-Islami
Di
Tempat

Dengan hormat,

Bersama surat ini, saya:
Nama : Amirullah, S.Pd
Jabatan : Guru Bahasa Inggris
Secara resmi mengajukan permohonan mengundurkan diri sebagai Guru Bidang Bahasa Inggris

Dengan Hormat,

Terhitung tanggal: 1 Januari 2015 Pengunduran diri ini saya ajukan karena adanya tawaran pekerjaan di tempat lain yang saya nilai dapat lebih mengembangkan kemampuan saya.
Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan untuk belajar dan bekerja di Ummul Quro Al-Islami
Melalui surat ini, tidak lupa saya sampaikan permohonan maaf kepada seluruh staf Pengajar serta
jajaran Pengurus Ummul Quro Al-Islami apabila selama saya bekerja terdapat hal-hal yang kurang berkenan.

Hormat saya

Amirullah, S.Pd

Demikian beberapa format contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar tahun 2015 yang bisa digunakan untuk karyawan perusahaan untuk berhenti bekerja ataupun untuk profesi guru sekolah. Semoga bermanfaat