Manfaat Makan Sayuran Untuk Ibu Hamil

Manfaat sayuran bagi ibu hamil :: Banyak sekali ilmu kesehatan untuk ibu hamil baik itu dari literatur bacaan buku ataupun saran dari dokter kandungan dan bidan, rata-rata semua ahli kesehatan sepakat menganjurkan untuk lebih banyak mengkonsumsi buah dan sayuran bagi kesehatan hal ini tentunya tidak terlepas dari kandungan sumber vitamin E dan C dan nutrisi

Lebih jauh mari kita lihat apa saja sih manfaat sayuran pada ibu hamil, supaya bunda lebih rajin lagi mengkonsumsi sayur mayur dan buah-buahan. Pola makan harus diperhatikan secara teratur karena besar pengaruhnya terhadap usia kandungan wanita, asupan makan dan nutrisi yang tepat sangat baik untuk pertumbuhan janin bayi dalam kandungan. Berikut karuhun akan menganjurkan beberapa makanan sayuran secara lengkap sehingga bunda bisa mencoba semua daftar menu dibawah ini atau memilih salah satunya saja yang bunda sukai


Manfaat Sayuran Kangkung Bagi Ibu Hamil

Kangkung adalah jenis dedaunan yang merambat, menjadi salah satu favorit makanan khas orang sunda. Sebenarnya menurut pakar kesehatan kangkung sangat bagus untuk rutin dikonsumsi oleh bumil (bunda hamil) karena terdapat beberapa kandungan yang menyehatkan antara lain :
  • Vitamin B & C
  • Zat besi
  • Kalsium
  • Asam amino
Menurut penelitian dan studi membuktikan bahwa konsumsi kangkung pada masa hamil dapat mencegah penyakit diabetes pada ibu dan bayi yang dikandung, adapun rebusan kangkung berkhasiat untuk menghindari sembelit karena unsur seratnya. Tapi sayang mitos yang berkembang di masyarakat mengklaim seolah kangkung bisa menyebabkan varises dan lelah kaki padahal hal seperti itu sudah dibantah oleh ahli dan pakar medis secara langsung yang menyatakan tidak ada kaitan antara varises dan kangkung justru sebaliknya. Adapun soal lintah yang menempel pada kangkung itu sebenarnya tergantung pada sterilisasi seseorang saat akan memasak

Manfaat Sayur Sawi & Gambas

Sayur sawi hijau mengandung kadar asam folat yang cukup tinggi sangat dibuthkan tubuh untuk mengatasi anemia (kekurangan darah) yang kerap kali terjadi pada bumil. Asupan asam folat yang dibutuhkan untuk dewasa adalah 400 mkg, dan untuk ibu yang sedang hamil kebutuhan asam folat meningkat dua kali lipat menjadi 800mkg, sementara bagi ibu yang sedang menyusui bertambah lagi menjadi 50%.

Gambas disebut juga emes (sunda) atau oyong termasuk salah satu jenis makanan yang seringkali dijadikan sayuran. Gambas adalah makanan yang sudah tidak asing lagi untuk ibu rumah tangga dan mudah sekali didapatkan di warung-warung atau pasar tradisional. Gambas juga memiliki khasiat untuk ibu yang sedang menyusui untuk menambah volume ASI jadi semakini subur dengan cara dipanggang lalu ditumbuk halus (termasuk bijinya) lalu diminum

Manfaat Sayur Selada & Brokoli

Kandungan utama selada adalah folat dan vitamin C sehingga sangat tepat jika disarankan untuk ibu hamil karena folatez yang terkandung dapat mencegah komplikasi pada janin, disamping itu juga selada cukup ampuh untuk meningkatkan kesehatan reproduksi, sementara vitamin C selada berkhasiat menjaga kekebalan tubuh serta berguna melawan infeksi

Kandungan folat brokoli dapat mencegah cacat syaraf janin seperti silfina dan bilpida, selain itu makanan brokoli yang disayur juga bisa menjaga kekuatan tulang sehingga terhindar dari osteoporosis. Bunda tidak mau bongkok kan ... hanya karena menanggung beban kandungan yang cukup berat

Khasiat Sayur Terung & Kecipir

Yang sangat disarankan disini adalah terung ungu, warna ungu memang ditakuti oleh kaum wanita karena identik dengan status janda, oleh sebab itu jangan fokus ke warna tapi lihatlah manfaat terung bagi bayi dan kesehatan kandungan. Terung memiliki kandungan nutrisi untuk kebutuhan ibu hamil seperti vitamin B1, B2, C serat kalori dan zat besi. Terung juga mengandung folat yang berfungsi untuk mencegah kerusakan otak pada bayi dan janin. Silahkan berkreasi sendiri untuk memasak terung menjadi sayuran ... salah satu resep yang bisa bunda coba ialah memasak sayur lodeh ala sunda.

Makanan bumil yang terakhir adalah kacapirit, eit salah maksud karuhun kecipir. Bun perbanyak konsumsi kecipir dech saat hamil karena kandungan antioksidannya sangat baik untuk ibu hamil dan menyusui. Minyak kecipir mengandung tokoferol sebagai antioksidan terbaik. Disarankan juga bagi yang sedang hamil supaya memperbanyak makan kacang-kacangan seperti kecipir contohnya supaya terhidari dari anemia.  Selesai sampai disini ... semoga bunda dan juga ibu2 rumah tangga yang lainnya bisa mengambil manfaat dari sayuran bagi ibu hamil.


0 comments

Post a Comment