Tips Sukses Bisnis Cara Rasulullah

Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah, mendirikan shalat dan menginfaqkan sebagian dari rezeki yang kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tiada merugi (QS. Fathir (53):29). "Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat da dia banya menyebut Allah. (Q.S al-Ahzab:21)

strategi marketing ala rasulullah bisnis halal haram bukan untung rugi

Pada usia 12 tahun, Rasulullah diajak oleh pemannnya berdagang ke Syiria yang berjajark ribuan kilometer dari kota Makkah. Perjalanan yang begitu jauh ditempuh oleh seorang anak berusia 12 tahun tanpa menggunakan mobil ataupun pesawat sebagaimana yang dilakukan oleh orang-orang zaman sekarang. Sepulang dari Syiria, Rasulullah sangat sering mengadakan bisnis sampai beliau dikenal di Jazirah Arab sebagai seorang pengusaha mudah yang sukses. Ada dua prinsip utama yang patut kita contoh dari perjalanan bisnis Rasul, yaitu :
  1. Uang bukanlah modal utama dalam berbisnis, modal utama dalam usaha adalah membangun kepercayaan dan dapat dipercaya (al-amin). Money is not number one capitas in business, the number one capitasl is trust
  2. Kompetensi dan kemampuan teknis yang terakait dengan usaha. Beliau mengenal dengan baik pasar-pasar dan tempat-tempat perdagangan di Jazirah Arab. Beliau juga mengetahui seluk beluk aktifitas perdagangan dan bahayanya riba sehingga beliau menganjurkan jual-beli dan menghapuskan sistem riba.

Fakta Kesuksesan Bisnis Rasulullah

  • Rasulullah dadalah seorang pebisnis sukses, terbukti ditinjau dari sisi waktu, beliau menjalani hidup sebagai pebisnis selama 25 tahun, yakni dari umur 15 sampai umur 40 tahun. Sementara masa kerasulan beliau hanya 23 tahun
  • Rasulullah adalah manusia yang kaya. Meski dilahirkan dalam keadaan miskin namun pada saat beliau menikah pada umru 25 tahun, beliau mengeluarkan mahar kawin, yang jika diperhitungkan dengan nila sekarang berkisar 6 milyar rupiah
  • Rasulullah menganjurkan kita untuk kaya. Beberapa abda beliau secara terang menganjurkan ummat Islam untuk menjadi kaya atau menyerukan ummat untuk menjadi sejahtera. Beberapa diantaranya : "Perhatikan olehmu sekalian, sesungguhnya sembilan dari sepuluh pintu rezeki di dunia ini adalah perdagangan" (HR Ahmad) "Sesungguhnya sebaik-baik mata pencaharian adalah seorang pedagang (entrepreneur)" (HR. Baihaqi). "Allah itu cinta kepada seorang Mukmin yang bekerja" (HR. Al-thabrani dan Al-baihaqi) 
  • Rasulullah telah menerapkan prinsip bisnis modern dalam membangun kegemilangan bisnis
  1. Rasulullah menjadikan pekerjaan sebagai ladang menjemput surga
  2. Rasulullah menjadikan kejujuran (as shiddiqh) dan kepercayaan (al amin) menjadi prinsip utama dalam berbisnsi
  3. Rasulullah tegar dalam mewujudkan impian bisnis
  4. Rasulullah memiliki pikiran visioner, kreatif dan siap menghadap perubahan
  5. Rasulullah memiliki perencanaan dan goal setting yang jelas dalam membangun bisnisnya
  6. Rasulullah cerdas dalam mempromosikan dirinya
  7. Rasulullah menggaji karyawan sebelum kering keringatnya
  8. Rasulullah mengetahui rumus "bekerja cerdas"
  9. Rarulullah sinergisme
  10. Rasulullah berbisnsi dengan cinta 
  11. Rasulullah pandai bersyukur
  12. Rasulullah pandai berucap terima kasih
  13. Rahasia terakhir kesuksesan bisni beliau adalah menjadi manusia paling bermanfaat

8 Langkah Rahasia Kesuksesan Bisnis Rasulullah

  1. Rasulullah selalu bekerja dengan cra terbaik, profesional dan tidak asal-asalan. Beliau bersabda : "Sesungguhnya Allah menginginkan jika salah seorang darimu bekerja, maka hendaklah meningkatkan kualitasnya"
  2. Dalam bekerja, beliau melakukannya dengan manajemen yang baik, perencanaaan yang jelas, memiliki tahapan-tahapan tindakan dan adanya penetapan skala prioritas
  3. Rasulullah tidak pernah menyiakan kesempatan sekecil apapun. Beliau bersabda : "Barang siapa yang dibukakn pintu kebaikan, hendaknya dia mampu memanfaatkannya, karena ia tidak tahu kapan ditutupkannya"
  4. Dalam bekerja Rasulullah selalu memperhitungkan masa depan. Beliau sosok yang visioner, sehingga segala aktivitasnya benar-benar terarah dan terfokus. Sebagaimana dalam firman Allah Al-Hasyr (18)
  5. Rasulullah tidak pernah menangguhkan pekerjaan. Beliau bekerja secara tuntas dan berkualitas karena beliau menerapkan Al Insyirah (7) : " Maka apabila kamu telah selesai (dari suatu urusan), kerjakanlah dengan sunguh-sungguh (urusan) yang lain"
  6. Rasulullah bekerja secara berjama'ah, dengan mempersiapkan tim yang solid, yang percaya pada cita-cita bersama. Sesuai dengan Al Imran (103) : "Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah dan janganlah bercerai cerai"
  7. Rasulullah adalah pribadi yang sangat menghargai waktu, tidak berlalu sedetikpun waktu, kecuali menjadi nilaii tambah bagi diri dan umatnya. Firman Allah Al Ashr (1-3)
  8. Rasulullah menjadikan kerja sebagai aktualisasi keimana dan ketaqwaan. Rasulullah bekerja bukan untuk menumpuk kekayaan duniawi. Beliau bekerja untuk meraih keridhoan Allah. SWT
Demikian Tips sukses bisnis cara Rasulullah yang sudah semestinya diikuti oleh semua orang jika ingin membangun kegemilangan bisnis yang modern di saat ini. 

Sumber : Majalah New Mafahim - Hai'ah Ash-Shofwah Al-Malikiyyah

1 comments:

  1. makasih artikelnya sangat bermanfaat.
    http://www.paytrenku.id

    ReplyDelete