12 Tips Cara Tidur Nyenyak Bangun Segar

Tips cara tidur nyenyak - Tidak setiap orang bisa merasakan tidur nyenyak dikarenakan susahnya untuk melakukan aktifitas istirahat memejamkan mata (tidur) kondisi seperti ini telah dikeluhkan oleh sebagian orang dan telah menjadi salah satu permasalahan serius dalam dunia kesehatan. Gejala susah tidur karena tidak kunjung mengantuk dapat memicu kebiasaan bergadang atau terjaga hingga larut tengah malam

Jika kebiasaan seperti ini terus berlangsung setiap hari tentu dapat mengurangi stamina tubuh serta kurang bagus bagi kesehatan. Susah tidur ataupun tidak bisa tidur nyenyak merupakan salah satu bagian dari gejala stres pikiran berat akibat menegangnya urat syaraf pada pembuluh otak. Untuk sebagian remaja memang sudah terbiasa untuk tidur pada waktu tengah malam karena aktifitas nongkrong atau begadang hingga larut meski akibatnya tidak dirasakan secara langsung tetapi lambat laun dapat mempengaruhi kesehatan tubuh.

seperti inilah gambaran orang tidur nyenyak

Tips Agar Tidur Anda Nyenyak

  • Hindari perdebatan sebelum tidur 
  • Hindari makanan dan minuman yang mengandung cafein dan gula 
  • Hindari olahraga terlalu berat 
  • Berendam atau mandi air hangat Minum teh herbal atau susu hangat 
  • Baca buku atau majalah favorit anda 
  • Teteskan minyak lavender di atas alas tidur anda
  • Bagi anda pemeluk agama Islam dapat melalukan shalat sunnah lalu berdzikir dan membaca quran, karena biasanya aktifitas membaca pada malam hari dapat memicu rasa kantuk
  • Matikan lampu pada ruang kamar tidur dan ruang tengah, sebagian orang merasa lebih nyaman tidur dalam keadaan gelap, faktor sinar lampu yang menyala menurut kesehatan kurang bagus untuk aktifitas tidur karena bisa menimbulkan radiasi pada syaraf mata
  • Bacalah doa sebelum tidur lalu
  • Kosongkan fikiran (make it free anda easy)
Waktu yang ideal untuk tidur mulai pukul 09-10 malam tepatnya setelah menunaikan shalat Isya, usahakan pada jam waktu tersebut anda tidak melakukan aktifitas yang berat baik secara fikiran maupun tenaga (fisik). Sebaiknya jika ada pekerjaan yang menyita waktu dilakukan pada sore hari ataupun pada esok pagi sehingga kondisi stamina tubuh serta fikiran pada waktu tersebut benar-benar santai dan rileks. Demikian tips cara tidur nyenyak dari karuhun semoga bermanfaat

0 comments

Post a Comment