Inilah 5 Penyebab Gusi Bengkak Dan 4 Cara Pengobatan Alami Paling Cepat Dan Ampuh Gusi Bengkak

Ada banyak faktor yang menyebabkan gusi bengkak mengganggu pernafasan. Berikut ini beberapa penyebab gusi bengkak antara lain:

  1. Kebersihan mulut Kebersihan mulut adalah salah satu faktor yang akan menghindarkan Anda dari gusi bengkak. Sebab gusi bengkak dapat disebabkan oleh kurangnya perhatian akan kebersihan mulut terutama menggosok gigi. Jika jarang menggosok gigi maka bisa jadi sisa-sisa makanan pada sela gigi dan gusi menyebabkan mudahnya kuman dan bakteri berkembang yang akhirnya timbul gusi bengkak. Obat bagi gusi bengkak menjadi salah satu cara untuk pengobatan ketika sudah mengalami hal tersebut.
  2. Keberadaan kawat gigi atau behel Pemasangan kawat gigi yang terlalu ketat pada gusi juga dapat menyebabkan gigi mengalami iritasi dan akhirnya timbul peradangan alias bengkak pada gusi.
  3. Kekurangan vitamin Kekurang aasupan vitamin C akan menyebabkan pembengkakan pada gusi. Selain itu, kurangnya asupan vitamin B, kalsium, serta asam folat juga akan memicu gusi bengkak.
  4. Makanan yang tidak sehat Konsumsi makanan olahan yang banyak mengandung gula hanya akan mengakibatkan permasalahan pada gigi dan gusi. Sehingga akan lebih baik konsumsi buah serta sayuran mentah untuk menguatkan gusi.
  5. Masa kehamilan Penyebab gusi bengkak lainnya bisa karena faktor kehamilan. Pada trisemester 1 dan 2 terjadi peningkatan aliran darah pada tubuh serta di bagian gusi ini akibat tingginya produksi hormon estrogen dan progesteron. Maka gusi akan alami peradangan dan sensitif.

4 Cara Alami Obati Gusi Bengkak Terbukti Ampuh

Berikut ini ada beberapa obat untuk gusi bengkak herbal yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah gusi bengkak yang sedang Anda alami. Tentunya dengan bahan alami ini tidak akan timbul efek samping yang ditimbulkan.
  1. Bayam berduri Bayam berduri ini memiliki khasiat untuk dijadikan menyembuhkan gusi bengkak. Ambil daun bayam tersebut seperlunya kemudian bakar dengan alas genteng tanah liat. Setelah melalui proses pembakaran segera tumbuk sampai halus. Tumbukan inilah yang akan dijadikan obat gusi untuk bengkak dengan cara ditempelkan pada bagian yang sakit.
  2. Kulit andong Obat untuk gusi bengkak dari bahan kulit andong ini dipercaya mujarab menyembuhkan gusi bengkak. Bersihkan kulit andong kemudian dikupas dan diberi sedikit garam. Maka ramuan herbal tersebut dapat dijadikan obat oles pada bagian yang sakit.
  3. Biji asam Jawa Obat gusi untuk bengkak dari bahan herbal lainnya adalah biji asam Jawa. Ambil secukupnya biji asam Jawa untuk disangrai dan kemudian ditumbuk sampai halus. Gunakan tumbukan biji asam Jawa tersebut pada gusi yang bengkak dengan media sikat gigi atau pergunakan kain.
  4. Krokot Untuk membuat obat untuk gusi bengkak ini diperlukan 200 gram krokot cuci bersih kemudian direbus dengan 3 gelas air biarkan mendidih hingga tersisa segelas saja. Biarkan dingin kemudian saring dan minum.
Berbagai obat gusi bengkak tersebut menjadi alternatif herbal yang dapat dimanfaatkan sebagai solusi pengobatan. Karena itu perlu bagi Anda untuk mengetahui penyebab gusi bengkak dan pengobatannya sebagai upaya antisipasi

Sumber : http://www.sehatpedia.web.id/penyebab-gusi-bengkak-dan-pengobatannya/






0 comments

Post a Comment