Cara Menghilangkan Dahak Parah Di Tenggorokan Secara Alami : Rasakan Khasiat Jahe Obati Batuk

Dahak sebenarnya dapat dibasmi tanpa menggunakan obat sekalipun. Dahak dapat hilang dengan teknik batuk dan penguapan yang tepat. Berikut cara menghilangkan dahak di tenggorokan secara alami

2 Cara Efektif Alami Menghilangkan Dahak Tanpa Obat


    1. Batuk efektif

Batuk efektif yang dimaksud adalah teknik batuk yang tepat sehingga lendir di tenggorokan bisa ditarik keluar mellaui mulut. Cara melakukannya adalah dengan mengambil posisi duduk tegak lalu mengambil nafas dalam-dalam. Saat menghembuskan nafas batuk 2 hingga 3 kali hingga dahak keluar.

    2. Teknik Penguapan

Penguapan untuk menghilangkan lendir tidak hanya dapat dilakukan oleh dokter saja. Anda juga bisa melakukannya sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang sederhana. Cobalah mencampurkan beberapa tetes minyak kayu putih pada air panas dan hirup uapnya
    Tips Cara Menyembuhkan Flu dengan Cepat Tanpa Obat

7 Ramuan Alami Untuk Menghilangkan Dahak Di Tenggorokan

Beberapa obat alami berikut bisa membantu menghilangkan dahak pada tenggorokan:

    1. Ramuan Jeruk Nipis

Ramuan jeruk nipis dapat dijadikan sebagai cara menghilangkan dahak yang paling ampuh. Cara menggunakannyapun cukup mudah, hanya perlu mencampurkan air perasan jeruk nipis dengan segelas air hangat dan sedikit madu. Minum ramuan ini selagi hangat untuk mengencerkan dahak dan juga meningkatkan kekebalan tubuh.

    2. Wedang jahe

Rasa jahe yang pedas mampu bekerja efektif melegakan tenggorokan yang berdahak. Cukup ambil 2 sampai 3 rimpang jahe, cuci bersih dan geprek layaknya membuat wedang jahe. Minum ramuan ini rutin 2 kali sehari.

    3. Ramuan kunyit

Kunyit dapat pula digunakan untuk meringankan dahak dan peradangan pada tenggorokan. Kunyit juga diperkaya dengan antioksidan yang mampu memperkuat kekebalan tubuh.

Cara memanfaatkan kunyit sebagai obat penghilang lendir tenggorokan adalah dengan memarut 2 rimpang kunyit lalu memerasnya. Campurkan  perasan kunyit ini dengan ½ gelas air panas kemudian biarkan hingga suam-suam kuku. Tambahkan madu lalu minum.

    4. Daun mint

Daun mint telah banyak dijadikan sebagai bahan obat pengencer dahak atau ekspektorant. Untuk membuat ramuan pengencer dari daun mint, Anda cukup mengambil beberapa lembar daunt mint yang telah dicuci bersih dan mencampurnya dengan air panas. Tunggu beberapa saat hingga hangat dan minum.

    5. Berkumur dengan air garam

Garam akan memicu sekresi air liur dan juga mematikan bakteri. Tentu saja hal ini akan mempermudah pengeluaran lendir dan juga mengantisipasi timbulnya infeksi akibat tenggorokan yang luka ketika batuk.

Kumurlah dengan air garam hangat sesering mungkin selama masih ada dahak yang terasa di tenggorokan.

    6. Bawang putih

Bawang putih mengandung antibiotik yang mampu memerangi virus penyebab radang tenggorokan. Selain itu, bawang putih juga mampu meningkatkan kekebalan dan kinerja metabolisme tubuh untuk mencegah terbentuknya lendir yang lebih banyak.

Cara menggunakan bawang putih sebagai penglilang lendir tenggorokan adalah memakannya dalam keadaan mentah. Akan tetapi Anda perlu ingat bahwa konsumsi bawang putih dapat menimbulkan rasa mual dan panas di perut.

    7. Daun pegagan

Daun pegagan telah lama dipercaya sebagai bahan herbal yang mampu mengatasi masalah pernafasan, termasuk mengobati tenggorokan yang berlendir. Cara memanfaatkannya adalah dengan mengambil satu genggam daun pegagan dan merebusnya bersama 2 gelas air. Rebus hingga air tersisa setengahnya. Saring dan minum ketika masih dalam keadaan hangat 2 kali sehari.

Setelah melakukan cara menghilangkan dahak di tenggorokan secara alami di atas, ada baiknya jika Anda juga melakukan langkah pencegahan. Caranya, perbanyak konsumsi air putih dan buah-buahan. Pastikan pula untuk selalu menggunakan masker pelindung ketika berda di luar ruangan yang terpapar polusi

0 comments

Post a Comment