Maraknya Rumah Minimalis Yang Ramah Lingkungan

Perkembangan dunia desain rumah memang senantiasa berkembang dengan begitu pesatnya. Akhir-akhir ini desain rumah yang menjadi trending topik adalah rumah mimalis yang membawa konsep ramah lingkungan dan hemat energy atau green minimalis.

Konsep desain rumah minimalis yang ramah lingkungan dan hemat energy ini membuat banyak orang tersadar dan peduli terhadap kesehatan lingkungan sekitar. Lingkungan yang sehat dan bersih pastinya membuat penghuni rumah dan sekitarnya semakin nyaman dan betah saat berada di dalam dan sekitar rumah.

Rumah berkonsep minimalis ramah lingkungan dan hemat energy ini juga bermanfaat untuk memelihara udara tetap segar dan bersih akibat banyaknya tanaman hijau yang ditanam dan tumbuh di sekitar kita. Selain itu, rumah ini juga bisa mengurangi dampak pemanasan global di planet tercinta ini.



Rumah Ramah Lingkungan dan Hemat Energy


Umumnya desain hunian ramah lingkungan dan hemat energy mempunyai ciri khas tersendiri. Desain rumah dengan konsep ini memakai material ramah lingkungan dan hemat energy dengan desain yang cenderung memiliki eksterior sederhana untuk efisiensi ruang, membatasi lahan, dan efisiensi material.

Desain rumah minimalis yang ramah lingkungan cenderung identik dengan hunian sederhana yang berhiaskan aneka tumbuhan hijau dengan lahan bangunan yang terbatas dan desain ruangan dengan seefisien mungkin, jadi ruangan pada konsep hunian ini memang didesain multifungsi. Contohnya: ruang tamu yang berfungsi sekaligus sebagai ruang keluarga.

Maraknya Rumah Minimalis Yang Ramah Lingkungan

Taman pada rumah atau taman pada atap rumah juga bisa menguatkan kesan rumah minimalis yang ramah lingkungan. Taman pada atap ini tentunya memiliki nilai ekologi tinggi dan membuat suhu di hunian anda semakin sejuk.

Tidak heran jika maraknya rumah minimalis yang ramah lingkungan ini semakin menjamur. Karena rumah hijau ini bisa membantu planet biru ini sedikit terbebas dari efek global warming. Apalagi di wilayah perkotaan yang cenderung banyak polusi dan udara sekitarnya yang cukup panas.



Alasan Orang Memilih Rumah Minimalis Ramah Lingkungan


Ketersediaan lahan yang semakin lama semakin sulit dan upaya menghemat dana pembangunan menjadi salah satu alasan rumah minimalis ini banyak diminati. Sedang untuk rumah minimalis yang hemat energy dan ramah lingkungan ini akhir-akhir ini popular sebab kita bisa menggunakan taman atau lahan yang terbatas untuk dimanfaatkan dengan maksimal misalnya ditanami aneka macam tanaman.

Dengan kondisi lingkungan yang semakin asri dan hijau pastinya semakin membuat pemandangan indah menghijau dan udara sekitar menjadi lebih sejuk. Selain itu, konsep green minimalis tersebut juga semakin memaksimalkan penempatan pintu, skylight dan jendela supaya cahaya bisa masuk ke rumah dan bisa mengurangi penggunaan lampu saat siang hari sehingga lebih hemat energy.

Dengan konsep hunian minimalis dan ramah lingkungan umumnya tidak perlu menggunakan AC atau pendingin ruangan, sebab udara di sekitar sudah cukup sejuk dan mengasyikkan. Hal ini karena rumah minimalis ramah lingkungan ini menerapkan prinsip utama dengan menyediakan 30% lahan menjadi area terbuka yang hijau dan menghadirkan ruang khusus sebagai daerah peresapan air.

Tidak mengherankan jika ketika anda menemukan hunian dengan konsep minimalis yang ramah lingkungan ini memiliki lahan terbuka hijau yang begitu luas baik di bagian depan maupun belakang. Kini anda sudah mengetahui bukan rahasia maraknya rumah minimalis yang ramah lingkungan yang banyak diminati masyarakat.

Tertarik untuk mendesain atau membangun hunian anda yang nyaman dengan konsep minimalis ramah lingkungan dan hemat energy seperti diatas?

0 comments

Post a Comment