Melirik Keindahan Tempat Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu di Bandung

Keindahan wisata alam gunung Tangkuban Perahu di Bandung, kini semakin diminati banyak wisatawan domestik hingga mancanegara. Meskipun gunung Tangkuban Perahu merupakan gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini, namun keindahan yang dimiliki gunung ini telah menghipnotis banyak orang.

Apa Yang Menarik Di Tangkuban Perahu?

Hal yang menarik di Tangkuban Perahu adalah kawah yang berada di puncak gunung. Terdapat tiga kawah di puncak gunung Tangkuban Perahu, kawah tersebut adalah Kawah Domas, Kawah Ratu, Dan Kawah Upas. Namun, kawah yang sangat indah menurut para wisatawan adalah Kawah Ratu. Kawah Ratu merupakan kawah terbesar di Tangkuban Perahu.

Melirik Keindahan Tempat Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu di Bandung

Para wisatawan biasanya berfoto dipinggir Kawah Ratu ini. Keamanan bagi para wisatawan juga tetap dijaga yaitu dengan dibuatnya pagar disepanjang bibir kawah. Kawah Domas merupakan kawah kecil yang mampu memancarkan sumber air panas. Sumber air panas ini dapat digunakan untuk merendam kaki atau untuk merebus telur. Kawah Upas terletak sedikit jauh dari Kawah Ratu, namun sayangnya kawah ini jarang dikunjungi oleh wisatawan karena letaknya yang cukup jauh dari Kawah Ratu. Padahal Kawah Upas ini juga memiliki keindahan yang tak kalah dengan dua kawah lainnya.


Pemandangan yang terlihat disekitar Kawah Ratu sangatlah indah. Hijaunya perbukitan dan udara di puncak gunung yang  dingin dan sejuk membuat anda bisa merasakan sensasi alam pegunungan yang sesungguhnya. Sepanjang jalan menuju kawah, anda akan disuguhi pemandangan alam yang berupa hutan rindang serta terdapat pula hewan-hewan lucu didalam hutan. Jika kita beruntung, anda dapat melihat monyet yang sedang bergelantungan di pohon.

Kios penjual makanan dan minuman juga bisa anda temukan disekitar area kawah. Suhu dingin di sekitar kawah membuat banyak para pedagang keliling menjual aneka perlengkapan seperti topi rajut, syal, dan sweater tebal.

Berapa Harga Tiket Masuk Wisata Tangkuban Perahu Bandung


Harga tiket masuk wisata Tangkuban Perahu ini tergolong murah. Untuk wisatawan domestik setiap orang dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 20.000 pada weekday, sedangkan weekend sebesar Rp. 30.000. Wisatawan mancanegara dikenakan tarif sebesar Rp. 200.000 per orang untuk weekday, untuk weekend sebesar Rp. 300.000. Tarif parkir wisatawan domestik untuk motor sebesar Rp. 12.000, parkir mobil Rp. 25.000 dan parkir bus Rp. 110.000. Tarif parkir untuk wisatawan mancanegara,  motor sebesar Rp. 17.000, parkir mobil Rp. 35.000 dan parkir bus Rp. 150.000.

Tips Wisata Ke Tangkuban Perahu

  1. Pastikan kendaraan anda dalam kondisi baik dan normal
  2. Jalan masuk menuju lokasi wisata Tangkuban Perahu  berupa jalan berliku dan menanjak. Selain itu, apabila sedang musim liburan biasanya terjadi macet di jalan ini. Oleh karena itu pastikan kendaraan anda remnya berfungsi dengan baik serta mesin     mobil yang normal agar kuat di jalan menanjak.
  3. Pakailah baju hangat
  4. Memasuki area gunung Tangkuban Perahu, akan terasa suhu dingin serta udara yang sejuk. Agar anda tidak kedinginan maka pakailah baju hangat,  bisa dengan membawa jaket atau sweater. Karena semakin mendekati puncak gunung maka suhu udara     semakin dingin.
  5. Bawalah masker penutup hidung
  6. Kawah yang terdapat dipuncak gunung Tangkuban Perahu hingga kini aktif mengeluarkan gas belerang yang menimbulkan bau tak sedap di sekitar kawah. Oleh karena itu pakailah masker agar pernapasan anda tidak terganggu.
  7. Jangan Malu untuk menawar ketika berbelanja
Jika anda ingin berbelanja di Tangkuban Perahu maka anda harus berani menawar agar memperoleh harga yang sesuai dengan kualitas barang.

Itulah sedikit informasi keindahan tempat wisata alam Gunung Tangkuban Perahu di Bandung. Tangkuban Perahu bisa anda jadikan tujuan wisata alam bersama keluarga atau teman anda. Selain pemandangan alam yang indah, harga tiket masuknya juga tergolong murah.




0 comments

Post a Comment