Contoh Artikel Tentang Perkembangan dan Permasalahan Pariwisata Bali

Perkembangan dan permasalahan pariwisata Bali merupakan hal yang sudah tidak asing lagi. Namun, apabila ditelusuri lebih lanjut semakin berkembangnya pariwisata maka tidak hanya menimbulkan dampak positif saja melainkan juga menimbulkan dampak negatif bagi wilayah Bali.

Dampak positif yang bisa dirasakan antara lain mampu membuka lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Sedangkan untuk dampak negatif yang ditimbulkan antara lain menimbulkan kemacetan lalu lintas, kerusakan lingkungan dan pencemaran lingkungan oleh banyaknya sampah yang menumpuk, banyak lahan dan wilayah laut yang beralih fungsi menjadi fasilitas wisata seperti restoran, penginapan dan tempat hiburan. 



Dampak negatif tersebut tentu saja mampu menjadikan permasalahan bagi pariwisata Bali. Banyaknya pembangunan fasilitas wisata akan berdampak bagi lingkungan. Bangunan-bangunan yang didirikan tanpa perencanaan lebih lanjut maka dapat menghambat distribusi saluran air. Sampah-sampah yang menumpuk juga bisa menghambat saluran air sehingga bisa mengakibatkan banjir ketika musim hujan. Pemandangan seperti ini tentu saja sangat tidak indah untuk Bali dimana Bali kita kenal sebagai surganya pariwisata. 

Contoh Artikel Tentang Perkembangan dan Permasalahan Pariwisata Bali


Banyak lahan pertanian yang kini dijadikan sebagai tempat wisata. Pemandangan persawahan yang indah serta hamparan hijau tanaman padi membuat wisatawan domestik dan mancanegara betah untuk menghabiskan waktu mereka dengan mengunjungi rumah makan atau cafe disekitar perswahan. Namun, para petani tidak mendapatkan keuntungan sama sekali. Hal tersebut menimbulkan permasalahan baru berupa kesenjangan antara sektor pertanian dan pariwisata.


Artikel Pengaruh Pariwisata Terhadap Perekonomian Bali


Perkembangan pariwisata Bali memberikan dampak yang sangat besar bagi perekonomian masyarakat Bali.  Melalui kegiatan pariwisata Bali, masyarakat bisa memperoleh pekerjaan yang layak seperti menjadi pemandu wisata, menjual oleh-oleh khas bali, mendirikan rumah makan atau restoran serta menjadi karyawan di fasilitas yang didirikan di Bali. 

Pengaruh pariwisata terhadap perekonomian Bali memberikan pengaruh positif  antara lain:

1. Bertumbuhanya bisnis valuta asing
Dengan kedatangan wisatawan asing ke Bali maka dapat menyebabkan tumbuhnya
bisnis valuta  asing. Bisnis valuta asing mempermudah pelayanan bagi wisata asing
selama berwisata.

2. Kontribusi bagi pendapatan pemerintah
Pariwisata memberikan kontribusi bagi pendapatan pemerintah. Kontribusi ini terbagi menjadi dua yaitu kontribusi langsung yang berasal dari pajak pendapatan para pekerja wisata dan para pebisnis pariwisata. Kontribusi tidak langsung berasala dari pajak atau bea cukai barang-barang impor dan pajak yang dibebankan pada wisatawan.

3. Membuka lapangan pekerjaan
Dengan berkembangnya sektor pariwisata maka dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru, menumbuhkan berbagai sektor usaha, dan mampu menumbuhkan jiwa-jiwa kreatif bagi masyarakatnya untuk menciptakan inovasi terbaru.

4. Pengembangan infrastruktur
Dengan berkembangnya sektor pariwisata maka mendorong pemerintah untuk memperbaiki dan membangun infrastruktur yang mampu mendukung pariwisata Bali. Infrastruktur tersebut berupa penyediaan air bersih, jaringan telekomunikasi, sarana transportasi umum yang memadai serta listrik. Semua infrastruktur tersebut bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan serta menambah daya tarik para wisatawan.

Selain dampak positif diatas, juga terdapat beberapa dampak negatif bagi Bali yaitu menambah beban biaya bagi pemerintah, menimbulkan dampak inflasi bagi masyarakat yang pendapatannya tidak meningkat, menurunnya ketahanan ekonomi suatu negara dan menimbulkan musim kunjungan wisatawan sehingga menjadikan grafiknya tidak stabil.

Perkembangan pariwisata Bali tidak hanya memberikan dampak positif melainkan dampak negatif bagi Bali. Dampak positif yang ditimbulkan tentu saja banyak memberikan manfaat bagi masyarakat Bali sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan serta taraf hidup masyarakat Bali.

Sementara dampak negatif yang ditimbulkan sebaiknya bisa dijadikan evaluasi bagi pemerintah setempat maupun masyarakat setempat untuk bekerjasama menciptakan lingkungan Bali yang bersih dan aman karena itu semua bertujuan untuk kebaikan bersama. Seperti itu tadi informasi mengenai  contoh artikel tentang perkembangan dan permasalahan Pariwisata Bali.

1 comments: