Kumpulan Puisi Singkat Bertema Keindahan Alam

Kumpulan puisi singkat bertema keindahan alam- Tuhan telah menganugerahkan kepada kita semua dengan alam yang sangat indah. Dan harapan manusia sebagai khalifah yang ada di muka bumi bisa menjaga serta memanfaatkan alam untuk masa depan nanti. Seperti halnya gunung, laut, hutan semuanya memang sengaja diciptakan agar dapat memenuhi segala kebutuhan untuk hidup manusia.

Jika amanat tersebut tidak dilaksanakan, maka konsekuensinya pastinya juga sangat besar. Berbagai macam bencana alam yang pada waktu lalu bersamaan untuk melanda diberbagai belahan bumi merupakan sebuah tanda bahwa manusia yang sebagai khalifah di muka bumi ini telah lali dalam menjaga alam semesta.

Agar kita dapat terhindar dari berbagai macam hal yang tidak kita inginkan, maka kita harus benar-benar menjaga alam yang telah kita huni sekarang ini. Dan untuk salah satu cara yang paling sederhana yang bisa kita tempuh dalam menyadarkan masyarakat dunia mengenai sangat pentingnya alam yaitu dengan melalui karya sastra, seperti puisi untuk alam.


Puisi Tentang Bencana Alam Yang Singkat


Sekarang ini, puisi tentang bencana alam sangat banyak dicari oleh para peselancar internet. Hal tersebut tentunya sangat berkaitan erat pada sejumlah bencana alam yang tengah terjadi di negara kita.

Dengan adanya bencana alam yang telah terjadi di negara kita maka puisi yang bertemakan tentang bencana alam menjadi salah satu puisi yang dicari-cari untuk disampaikan kepada masyarakat, supaya dapat merasakan bagaimana  penderitaan yang dialami bagi para masyarakat yang terkena bencana alam tersebut.

Dengan puisi bencana alam ini pasti akan memberikan banyak inspirasi untuk semuanya agar selalu tabah dan tegar dalam menghadapi  cobaan dari Tuhan. Selain itu dapat memberikan sebuah pesan yang sangat dalam untuk setiap manusia agar senantiasa untuk sadar dalam menjaga kelestarian alam.
Berikut ada contoh puisi karya Kahlil Gibran tentang bencana alam
Pagi menyambut dengan senyuman hangat bagi penduduk bumi
Sang surya telah menampakkan wajahnya
Sedikit demi sedikit terpancar kehijauan merona seolah menatap dari
Kurasakan bumiku sedikit bergoncang kemarin pagi
Dan, air laut menerjang kakiku begitu hebat
Kupikir alam sedang bermain-main dengan ku
Mengajakku bercengkrama dengan bahasanya sendiri
Ternyata aku salah
Alam justru telah murka
Entah karena apa, yang ku terka mungkin mereka pernah terluka
Ya terluka karena kami selalu berbuat alpa

Puisi Keindahan Alam Yang Mengandung Majas

 

Alam adalah ciptaan Tuhan yang sangat bermanfaat untuk manusia. Jadi manusia sudah sepantasnya untuk menjaga dan tidak merusaknya. Pasalnya jika kita merusak alam sama halnya merusak hidup kita. Dengan adanya hal tersebut, puisi keindahan alam yang mengandung majas akan banyak anda temukan. Berikut contok puisi keindahan alam yang mengandung majas karya dari Cairil Anwar.

Kumpulan Puisi Singkat Bertema Keindahan Alam
Keindahan Alam
Batapa indahnya alam ini
Laut berombak-ombak
Awan berarak-arak
Udara segar bertiup-tiup
Aku berdiri di atas gunung,
Berdiri di bawah langit
Untuk melihat keindahan alam,
Keindahan dunia
Aku mempertaruhkan nyawa,
bertahan diri di atas gunung
Demi melihat keindahan alam
keindahan ciptaan Tuhan

Jika kita rajin dan sabar dalam menjaga serta merawat alam dengan baik, maka alam yang kita cintai akan mendatangkan manfaat untuk kita semua. Namun, jika kita lalai pastinya akan menimbulkan dampak negatif terhadap kita dan untuk masa depan kita. Cara mulia dalam menjaga alam sekitar dimulai dari diri kita sendiri dengan suatu hal yang sederhana, misalnya dengan menciptakan kumpulan puisi singkat bertema keindahan alam lalu mempublikasikannya agar dapat menyadarkan masyarakat betapa pentingnya alam semesta yang kita huni ini.

0 comments

Post a Comment