21 Pemikiran Ibnu Taimiyah: Tentang Manfaat Amal Orang Lain
Ibnu Taimiyah Tentang Mafaat Amal Orang Lain - Pemikiran Ibnu Taimiyah yang dijadikan sebagai rujukan utama kalangan yang mengklaim bermadzhab salaf ternyata menyatakan bahwa
Siapapun yang berkeyakinan bahwa seseorang tidak bisa mendapat manfaat kecuali dengan amal perbuatannya sendiri
Maka ia telah merobek-robek konsensus ulama.
Beliau berpendapat demikian dengan menyebutkan beberapa alasan yang di antaranya adalah sebagai berikut :
21 Sanggahan Tentang Manfaat Amal Orang Lain
Manfaat Doa Orang Lain
Seseorang bisa mendapat manfaat dari do'a orang lain dan hal ini berarti memperoleh manfaat dengan amal perbuatan orang lain
Syafa'at Nabi Di Padang Mahsyar
Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam memberi syafa'at kepada mereka yang berada di mahsyar
Syafa'at Nabi dan Orang Sholeh
Setiap nabi dan orang shalih memiliki syafaat dan manfaat dari amal orang lain
Doa Malaikat Terhadap Penghuni Bumi
Para malaikat mendoakan dan memohonkan ampunan untuk penghuni bumi dan hal ini adalah memperoleh manfaat dengan amal perbuatan orang lain
Rahmat Allah Terhadap Pendosa
Sesungguhnya Allah akan mengeluarkan dari neraka orang yang belum pernah sama sekali berbuat baik semata-mata berkat rahmat-Nya
Amal Orang Tua Kepada Anak
Anak-anak orang mukmin akan masuk ke surga berkat amal perbuatan orang tua mereka dan hal ini adalah merasakan manfaat dengan murni amal perbuatan orang lain
Manfaat Ayah Shaleh Terhadap Anak yang Ditinggalkan
Allah berfirman dalam Al Kahfi : 82 yang mengisahkan dua anak yatim,
Sedekah Mayyit
Mayit merasakan manfaat dengan sedekah atas nama dirinya dan dengan memerdekakan budak berdasarkan nash hadits dan ijma'
Mayit Yang Belum Haji Bisa Diwakilkan Walinya
Haji yang berstatus wajib bisa gugur dari mayit dengan haji yang dilakukan oleh walinya berdasarkan nash hadits
Nadzar Haji dan Puasa Gugur Oleh Mayyit
Haji dan puasa yang status keduanya adalah nadzar bisa gugur dari mayit dengan dilakukan oleh orang lain berdasarkan nash hadits
Hutang Mayit Dilunasi Oleh Yang Masih Hidup
Orang yang terlilit hutang yang nabi menolak menyolatinya sampai hutangnya dilunasi oleh Abu Qatadah
Manfaat Bersedekah dengan Menemani Shalat Orang yang Sendirian
Nabi bersabda kepada orang yang shalat sendirian
Pembebasan dari Hutang melalui Bantuan Orang Lain
Orang yang terlilit hutang bisa bebas dari beban hutang tersebut jika ada orang lain yang melunasinya. Hal ini adalah memperoleh manfaat dengan amal perbuatan orang lain
Pengampunan Kesalahan melalui Izin dan Bantuan Orang Lain
Orang yang memiliki kesalahan jika sudah dihalalkan kesalahannya maka ia bebas dari kesalah tersebut. Ini juga adalah merasakan manfaat dengan amal perbuatan orang lain
Manfaat dari Perbuatan Orang Shalih, Baik di Hidup atau Mati
etangga yang shalih bisa memberikan manfaat baik di waktu hidup atau mati sebagaimana keterangan yang terdapat dalam atsar. Ini adalah merasakan manfaat dengan amal perbuatan orang lain
Berkumpulnya Jama'ah dalam Ibadah sebagai Sumber Manfaat
Teman kelompok yang berdzikir akan mendapat rahmat berkat kelompok dzikir tersebut meskipun ia sesungguhnya bukan termasuk kelompok tersebut.
Menshalati dan Mendoakan Mayit
Menshalati mayit dan mendoakannya saat shalat adalah memberi manfaat kepada mayit, dengan menshalatinya orang hidup kepadanya dan ini adalah amal perbuatan orang lain
Shalat Berjamaah Dan Jumat
Shalat Juma'at bisa tercapai dengan berkumpulnya sejumlah orang. Demikian pula shalat berjama'ah bisa tercapai dengan jumlah jama'ah yang banyak. Hal ini adalah memberikan manfaat kepada sebagian orang dengan sebagian yang lain.
Nasihat Allah terhadap Nabi Muhammad dan Pembelajaran dari Ayat-ayatnya
Sesungguhnya Allah subhanahu wata'ala berfirman kepada nabi Muhammad dalam Al Anfal : 33
Zakat Fitrah sebagai Wujud Manfaat bagi Anak Kecil dan Orang yang Tanggung Nafkah
Zakat Wajib dan Pahala bagi Anak Kecil dan Orang Gila
dalam proses hisab kemudian memberi syafa'at kepada penghuni surga dalam memasukinya selanjutnya memberi syafaat kepada para pendosa besar dalam keluar dari neraka.
Semua ini adalah memperoleh manfaat dengan perbuatan orang lain
dan hal ini adalah mendapat manfaat dengan amal perbuatan orang lain
Kedua anak yatim tersebut mendapat manfaat dengan kesalihan ayah mereka berdua yang bukan usaha mereka berdua
dan hal ini adalah memperoleh manfaat dengan amal orang lain
dan hal ini adalah mendapat manfaat dengan amal perbuatan orang lain
dan hal ini adalah memperoleh manfaat dengan amal perbuatan orang lain
dan oleh Ali bin Abi Thalib atas orang lain yang juga terlilit hutang, mendapat manfaat dengan shalat jenazah yang dilakukan nabi
dan menjadi dingin kulitnya dengan dilunasi hutangnya dan ini adalah mendapat manfaat dengan amal perbuatan orang lain
Setelah Menyampaikan 11 Pemikiran Ibnun Taimiyah Tentang Manfaat Amal Orang Lain Part I
berikut point tambahan yang disampaikan Ibnu Taimiyah sebagaimana ditulis oleh guru para ulama Abuya Sayyid Muhammad Alawi dalam manhanjussalaf :
Berkat bantuan orang lain yang mau menemani shalat akhirnya orang yang shalat sendirian ini memperoleh keutamaan berjama'ah.
Ia tidak berniat ikut duduk berdzikir bersama mereka, sebab ia datang karena ada keperluan dan amal perbuatan itu tergantung niatnya.
Berarti ia merasakan manfaat dengan amal perbuatan orang lain
Al Fath : 25
dan Al Baqarah : 251
Dalam ketiga ayat ini Allah menolak adzab dari sebagian orang berkat sebagian yang lain, dan hal ini adalah memberikan manfaat kepada sebagian orang dengan sebagian yang lain
Zakat fitrah wajib atas anak kecil dan siapapun yang nafkahnya ditanggung seorang lelaki.
Dengan demikian mereka mendapat manfaat atas tindakan lelaki yang mengeluarkan zakat atas mereka
Zakat wajib dikeluarkan dari harta anak kecil dan orang gila dan keduanya mendapat pahala atas zakat ini meskipun bukan mereka yang melakukannya.
Siapapaun mau merenungkan ilmu maka ia akan mendapatkan informasi tak terhingga menyangkut mendapat manfaatnya seseorang dari amal yang tidak ia lakukan.
Maka bagaiaman bisa ayat 39 surat An Najm
diinterpretasikan berlawanan dengan nash yang jelas dari Al Qur'an, hadits dan Ijma' ulama serta mengapa manusia dalam ayat tersebut dipahami bersifat umum?
Wallahua'lam
Manhajussalaf
BULETIN HAWARIY - WATU BELAH CIREBON
No comments:
Post a Comment
Hanya komentar sehat yang akan kami publish, SPAM auto Delete