Skip to main content

Sejarah Hai'ah Ash Shofwah Al Malikiyyah Indonesia


Sejarah Hai'ah Ash Shofwah Al Malikiyyah Indonesia - Guru besar ar-Robbani, Prof. DR. Abuya Abuya Sayyid Muhammad Bin Alwi Al Maliki Al Hasani adalah figur ulama Ahlussunnah wal Jamaah abad 21.

Keluasan ilmu beliau laksana samudera nan luas membentang tak bertepi. Keagungan pribadinya meneguhkan wawasannya sebagai ulama yang 'ibnu madzahib' al-arba'ah '. Abuya al-maliki menguasai hampir interdisiplin ilmu agama.

Kemampuan beliau dalam bidang hadits, tafsir, akidah, fikih, tasawuf, sejarah dan berbagai cabang ilmu lainnya, terekam rapi dalam setiap karya-karya beliau yang bertebaran

Karya Hadratus Syeikh Muhammad Alawi Al-Maliki Al-Hasani

Dalam manhaj tarbiyah, Prof. DR. Abuya Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki al-Hasani merupakan Guru Besar ar-Robbani yang telah sukses mendidik para santri beliau menjadi kader-kader dakwah

yang selalu eksis dalam mengusung nilai-nila akidah Ahlussunnah wl Jamaah, sebagai landasan idiologis-teologis dalam beragama.

Perhatian Abuya kepada para santrinya tidak hanya berlangsung di saat mereka berada di pangkuan majelisnya semata,

tetapi sampai merreka kembali ke negerinya sekalipun beliau masih selalu memantau, membimbing, dan menegur meskipun mereka berada di medan dakwah yang jauh.

Seringkali Abuya al-Maliki menanyakan ihkwal kiprah dakwah para santrinya di tengah-tengah masyarakat. Beliau juga menanyakan sumbangsih mereka kepada umat.

amanah sayyid maliki untuk alumni indonesia


Manhaj dakwah Guru Besar ar-Robbani Prof. DR. Abuya Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki al-Hasani dalam mengembangkan akidah Ahlussunnah wal Jamaah adalah dengan metode; hikmah (bijksana)

dan mauidzah hasanah (tutur kata nan mempesona) serta berlandaskan argumentasi juga logika yang kokoh (wajadilhum billati hiya ahsan) sebagai manhaj dakwah yang senantiasa beliau terapkan.

Kitab-kitab karya beliau sangat berlimpah dan tersebar luas di seluruh penjuru dunia Islam. Ketokohannya telah diakui oleh lawan dan kawan, maupun ulama dunia lainnya.

Sehingga orang-orang yang berseberangan dengan pemikiran beliau, secara diam-diam telah banyak membaca karya beliau dan mengakui kearifannya.

Sejarah Pembentukan Wadah Hai'ah Ash Shofwah Al-Malikiyyah

Salah satu karya menumental Abuya al-maliki yang berjudul "Mafahim Yjibu An Tushahhah" (faham-faham yang perlu diluruskan) merupakan cermin dari pemikiran beliau yang berlandaskan al-Qur'an dan Sunnah serta amaliah salaf ash-shaleh.

kitab mafahim penangkal serangan bid'ah


Ketika kunjungan Abuya As-Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki Al-Hasani ke Malaysia pada bulan Syawwal 1423 H / Desember 2002 M, beliau memberi amanah kepada muridnya yaitu KH. Ihya 'Ulumuddin, untuk membuat wadah bagi para alumni.

Atas pendapat dari Abuya As-Sayyid Ahmad putra Abuya As-Sayyid Muhammad Alawi Al-Hasani, alhamdulillah pada tanggal 2 Muharrom 1424 H bertepatan dengan 5 Maret 2003 M,

sebanyak 25 murid beliau berkumpul di kediaman KH. Muhyiddin Nor Pondok Pesantren Darussalam Tambak Madu Surabaya,

Struktur Kepengurusan

semua sepakat mewujudkan amanah beliau untuk berda'wah secara berjama'ah dalam sebuah wadah yang diberi nama "Hai'ah ASH-SHOFWAH AL-MALIKIYYAH, Dan terbentuk pula susunan pengurus sebagai berikut :

KETUA UMUM :

KH. Muhammad Ihya Ulumiddin

WAKIL KETUA UMUM :

HB. Zen bin Hasan Baharun

SEKRETARIS UMUM :

KH. Kamal Mukhlis al-Maliki

BENDAHARA UMUM :
  1. KH. Zubair Abd. Aziz
  2. KH. Tholaat Asnawi
JURU BICARA :
  1. KH. Abdillah Muhtar
  2. KH. Faqih Imam


Situs resmi : www.shofwatuna.org

Saat ini kantor pusat ASH-SHOFWAH AL-MALIKIYYAH berada di Jl. Gayungsari Surabaya sebelah timur Masjid Al-Akbar Surabaya,

dengan 22 niqobah (kantor cabang) dan 528 anggota yang telah terdaftar, dari para Habaib dan Kiyai yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia



Wadah ini memiliki peran penting dalam upaya menyatukan langkah alumni dalam berta'aawun mengembangkan potensi tarbiyah, dakwah, iqtishodiyah, dan ijitima'yah. Selanjutnya, Hai'ah Ash Shofwah Al-Malikiyyah

diharapkan untuk mampu menjadi organisasi profesional dan media aktualisasi para alumni. Demikian sedikit ulasan tentang Sejarah Hai'ah Ash Shofwah Al Malikiyyah Indonesia yang bersumber pada majalah new mafahim

Sumber : Majalah New Mafahim - Hai'ah Ash-Shofwah Al-Malikiyyah