Cara Mengatasi Stres Remaja Dengan Makan Buah Dan Sayuran

Cara mengatasi stres Sebuah studi menyebutkan bahwa beberapa jenis makanan dapat menghilangkan efek negative stres dan meningkatkan mood, oleh karena itu, penting sekali memperhatikan asupan makanan bagi tubuh. Konsumsi makanan bergizi, komplit, dan berkualitas. Hindari makanan serba instan atau jenis fastfood, karena mengandung lebih banyak pengawet, gula dan lemak jenuh. Jenis makanan ini dapat menyebabkan turunnya fungsi otak dan depresi

kandungan nutrisi kentang obat anti stres

Jenis makanan yang dapat membakar energi secara perlahan sangat sesuai untuk menghilangkan efek negative stres, yaitu karbohidrat komplek. Makanan tersebut akan memberikan suplai energi bagi tubuh dalam waktu yang panjang dan membuat tidak mudah lapar. Misalnya :
  • Beras merah
  • Pasta gandum
  • Roti gandum
  • Biji-bijian
  • Kentang
Zat karbohidrat yang terkandung dalam makanan juga akan memberikan efek menenangkan dan lembut pada otak. Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung zat antioksidan, serat, dan vitamin akan menguatkan system pertahanan tubuh agar tidak mudah dilemahkan oleh stress. Buah menyediakan energy yang stabil untuk tubuh dikala stress. Dianjurkan untuk mengonsumsi buah segar di pagi hari agar kadar antioksidan dalam darah meningkat. Setidaknya konsumsi 5 porsi sayuran dan buah-buahan segar setiap hari

Jangan lupakan asupan prostein bagi tubuh anda. Disarankan untuk mengonsumsi 1-2 butir telur dalam seminggu. Selain mengandung protein tinggi, telur jgua mengandung asam folat, vitamin A, dan vitamin B12. Namun penderita kolesterol tinggi sebaiknya menghindari konsumsi kuning telur. Hindarilah makanan yang mengandung lemak jenuh dan gantikan dengan jenis protein rendah lemak atau lemak tak jenuh. Protein rendah dapat diperoleh dari ikan, daging tanpa lemak dan unggas. Sementara lemak sehat terkandung dalam minyak zaitun, minyak canola, avokad dan kacang-kacangan.

Bahan makanan berkalsium tinggi juga sangat membantu untuk mengurangi ketegangan akibat stres. Misalnya :
  • Susu rendah lemak
  • Yoghurt
  • Tahu
  • Keju rendah lemak
  • Wijen
  • Biji bunga matahari
  • Sayuran berwarna hijau gelap
Agar system saraf dapat bekerja dengan baik, pilihlah bahan makanan yang mengandung vitamin B kompleks. Zat gizi tersebut juga menjaga kesehatan system pencernaan dan membantu pelepasan energy dari sel-sel tubuh yang dibutuhkan tubuh saat stres. 
  1. Gandum 
  2. Beras merah
  3. Produk olahan susu
  4. Seafood
  5. Telur
  6. Kacang-kacangan
  7. Melon
  8. Brokoli
  9. Toge
  10. Paprika
  11. Jenis buah Beri
Termasuk bahan-bahan makanan yang mengandung vitamin B komplek. Tak kalah pentingnya adalah asupan magnesium. Kekurangan zat ini (saat stres) akan mengaktifkan respon stres dalam bentuk kram otot. Oleh karena itu, tubuh memerlukan magnesium dalam jumlah besar. Magnesium dapat diperoleh dari sereal gandum, biji-bijian, wijen dan sayuran hijau. Untuk mengurangi resiko penyakit jantung akibat stres dan mengatasi gangguan mood (mood swing) dibutuhkan lemak omega 3 yang terkandung dalam minyak ikan, ikan salmon, ikan mackerel, ikan tuna, sarden dan walnut

Dalam keadaan stres, kadar zat besi akan menurun. Padahal zat besi diperlukan sebagai imunitas tubuh untuk melawan infeksi. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan depresi, kelelahan, kurang energi, kurang nafsu makan, dan anemia. Kerang, daging merah, kuning telur, gandum, biji, bunga matahari dan kacang-kacangan memiliki kandungan zat besi tinggi. Sebagai alternative untuk menjaga system imunitas tubuh, system saraf, dan pembuluh darah, konsumsilah berbagai jenis rempah, seperti ginseng dan Echinacea sebagai cara mengatasi stres paling ampuh

0 comments

Post a Comment